5 Jenis Makanan Sehat untuk Menu Buka Puasa

5 Jenis Makanan Sehat untuk Menu Buka Puasa

Image result for sajian buka puasa

Menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan mengharuskan kita menjaga kesehatan tubuh dengan memperhatikan makanan untuk sahur dan saat buka puasa. Agar puasa yang kamu jalani tetap lancar dan tidak mengganggu aktivitas harian tubuh perlu menyiapkan diri dengan segala perubahan selama puasa. Caranya dengan mengubah semua kebiasaan yang kurang baik dan kurang sehat yang sebelumnya sering Anda lakukan.

Di bulan suci ini, umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan menahan hawa nafsu dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Setelah melewati ujian haus dan lapar, kamu jangan buru-buru meminum atau memakan panganan yang tampak menggiurkan di saat berbuka puasa tiba. Karena menjaga kesehatan di bulan puasa merupakan suatu keharusan. Tak hanya dengan berolahraga dan cukup istirahat, namun juga dengan memperhatikan menu saat puasa dan sahur. Sebab, setelah seharian berpuasa, tubuh kehilangan banyak cairan dan energi. Saat berbuka kita sebaiknya mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi.

1. Buah-Buahan
Image result for buah buahan

Buah-buahan seperti Pepaya, melon juga pisang menjadi pilihan yang baik karena kaya serat dan dapat mengembalikan energi yang hilang.Atau bisa juga memilih buah dengan kandungan air yang tinggi seperti semangka, anggur dan pir untuk mencegah dehidrasi. Bisa juga dibuat salad buah agar lebih menggugah selera.

2. Kurma

Image result for buah qurma

Selain rasanya yang manis, kurma juga memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh.
Makanan satu ini mengandung banyak glukosa, fruktosa dan sukrosa dengan kandungan kalori yang rendah. Kandungan gula alami yang ada pada kurma dapat mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.


3. Ikan
Image result for sajian ikan

Ikan memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, karena mengandung protein, omega 3, antioksidan, vitamin D, vitamin B2 dan sejumlah mineral.

4. Telur
Image result for sajian telur

Selain mudah dalam penyiapan dan penyajiannya, telur juga gampang dicerna tubuh.
Bahkan mengandung protein yang sangat tinggi. Dalam satu telur terkandung enam gram protein dan sembilan macam asam amino. selain itu kamu dapat menambahkan  sayuran maupun keju sebagai tambahan topingnya.

5. Madu
Image result for madu

Jenis makanan satu ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh karena mengandung antioksidan, vitamin, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, sulfur dan mangan. Madu dapat melancarkan metabolisme dan juga mengatasi gangguan pencernaan. Selain itu kandungan glukosa dan fruktosa nya sangat mudah diserap tubuh sehingga dapat mengembalikan stamina dan energi yang hilang.

5. Air Kelapa Murni

Image result for air kelapa

Mengganti cairan yang terkuras habis akibat berpuasa dapat dilakukan dengan mengonsumsi air kelapa saat berbuka. Tidak disarankan mencampur air kelapa dengan gula atau santan karena dapat merusak elektrolit yang dikandung.

Sekarang kamu bisa menjaga kesehatan kamu dalam mengkonsumsi makanan untuk berbuka puasa, semoga ibadah puasa kamu lancar yaa.



Comments