Hindari 5 Makanan Ini Saat Sahur

Kemanaajamakan - Ibadah puasa di bulan Ramadhan merupakan momen yang di nantikan, puasa merupakan rukun islam yang keempat dan bersifat wajib bagi kamu yang mampu. Menahan lapar, harus, dan emosi hingga terbit fajar. Menahan semua yang disebutkan bukan hal mudah, apa lagi jika puasa kamu tidak diawali dengan makan sahur, puasa akan terasa berat.

Banyak dari kamu yang kadang memilih tidak melaksanakan sahur dengan berbagai alasan, mulai dari malas bangun hingga malas masak. Padahal selain membuat perut terisi sehingga siap untuk menahan lapar dan haus seharian, makan sahur juga merupakan salah satu sunah yang sangat dianjurkan bagi orang yang akan berpuasa.

Namun kamu juga harus memperhatikan jenis asupan makanan yang tepat dikonsumsi ketika sahur. Beberapa makanan tidak cocok dikonsumsi untuk makan sahur karena dapat membuat kamu lemas, cepat haus dan tidak nyaman saat berpuasa, berikut di antaranya! 

1. Makanan yang terlalu asin
Resep Kuat Puasa? Jangan Konsumsi Makanan Ini Saat Sahur
sumber illustrasi (bellagiolamo.com)

Menu makanan untuk sahur sebaiknya tidak mengandung garam terlalu tinggi. Makanan yang terlalu asin dapat menyebabkan tubuh mudah dehidrasi. Hal ini karena garam merupakan mineral yang terdiri dari natrium dan klorida, di mana salah satu sifat natrium adalah mampu menarik cairan.
Konsumsi natrium dalam garam yang berlebihan dapat menyebabkan penarikan air berlebihan dalam tubuh yang menyebabkan dehidrasi. Selain itu garam yang menumpuk membuat tubuh memerlukan lebih banyak air untuk melarutkan kandungan garam dalam darah, tubuh akan menuntut asupan air sehingga kamu akan merasa mudah haus seharian.
Beberapa makanan yang mengandung garam tinggi adalah telur asin, ikan asin, dan berbagai makanan kemasan atau kalengan. 
2. Makanan dengan rasa pedas dan asam
Resep Kuat Puasa? Jangan Konsumsi Makanan Ini Saat Sahur
sumber illustrasi (timesofsandiego.com/)
Bagi penikmat makanan pedas, tak lengkap rasanya jika tidak mengonsumsinya untuk makan sahur. Namun, buat kamu yang mempunyai gangguan pencernaan seperti maag, konsumsi cabai ketika puasa harus kamu kurangi.
Cabai memiliki rasa pedas karena mengandung capsaisin. Makanan terlalu pedas dan asam menjadi pemicu beberapa orang mengalami diare. Diare berkepanjangan tentu membuat cairan tubuh berkurang, sehingga tubuh menjadi lemas.
Makanan pedas dan asam juga menimbulkan gas yang berpengaruh dalam meningkatkan produksi asam lambung, sehingga memicu kambuhnya penyakit maag dan nyeri ulu hati yang membuat perut tidak nyaman.
3. Makanan berlemak dan gorengan
Resep Kuat Puasa? Jangan Konsumsi Makanan Ini Saat Sahur
sumber illustrasi (unsplash.com/victoria Priessnitz)
Lemak memang merupakan asupan penting yang mampu memberikan energi bagi tubuh saat puasa. Namun jika yang kamu konsumsi adalah makanan dengan kadar lemak terlalu tinggi, hal ini justru tidak baik bagi tubuh. Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak sangat besar seperti gorengan dan makanan bersantan dapat menyebabkan sistem kerja lambung menjadi berat.
Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi lemak lewat makanan bisa menyebabkan seseorang merasakan nyeri dan kembung pada perutnya
4. Sayur dan buah yang bersifat diuretik
Resep Kuat Puasa? Jangan Konsumsi Makanan Ini Saat Sahursumber illustrasi (unsplash.com/amanda lins)
Buah yang bersifat diuretik adalah buah-buahan yang mengandung air tinggi. Sifat diuretik memang dibutuhkan untuk membuat cairan tubuh mudah keluar. Cairan tubuh yang keluar melalui air kencing ini mengandung sisa metabolisme dan zat toksik.
Namun buah dan sayur yang bersifat diuretik tidak dianjurkan dikonsumsi untuk makan sahur saat puasa karena akan membuat kehilangan cairan lebih banyak ketika pagi dan berisiko membuat dehidrasi.
Beberapa buah dan sayuran yang dimaksud adalah semangka, mentimun, selada air, seledri, dan wortel. Jadi jika kamu tidak mau dehidrasi karena bolak-balik ke kamar mandi, kurangi konsumsi makanan tersebut
5. Makanan yang mengandung pemanis buatan
Resep Kuat Puasa? Jangan Konsumsi Makanan Ini Saat Sahursumber illustrasi (unsplash.com/haley owens)
Mengonsumsi makanan manis saat puasa tentu sah-sah saja, terutama ketika berbuka. Namun sebaiknya kamu menghindari mengonsumsi makanan manis ketika sahur, apalagi jika makanan tersebut mengandung pemanis buatan. Salah satunya adalah sereal yang merupakan salah satu makanan yang banyak dikonsumsi orang-orang untuk sarapan pagi karena alasan kepraktisannya.
Jika kamu suka makan sereal untuk sahur dengan alasan praktis, pertimbangkanlah lagi. Karena ternyata kebanyakan sereal, khususnya sereal dengan pemanis buatan justru dapat membuatmu lebih cepat lapar sehingga sangat tidak cocok untuk dikonsumsi saat sahur.
Hal itu dikarenakan sereal dapat mempengaruhi gula darah yang kamu miliki dan membuatmu menjadi lebih lapar. Rasa lebih cepat lapar itu bisa terjadi karena mungkin saat mengonsumsi sereal, kamu hanya mendapatkan rasa manis tanpa kalori sehingga tubuhmu masih mencari kalori tersebut.
Jika sedang puasa, sebaiknya kamu lebih berhati-hati lagi ya ketika memilih menu makanan untuk sahur. Bisa jadi kamu justru tidak merasa kenyang, tetapi lapar sepanjang hari lantaran salah memilih menu sahur.

Comments