5 Makanan Yang Harus Di Coba Saat Bulan Puasa

Kemanaajamakan.com - Kuliner di bulan suci Ramadhan menjadi momen yang selalu dinanti-nanti, ada beberapa makanan yang identik dengan bulan puasa. Makanan tersebut juga tidak asing lagi di tengah masyarakat.

Makanan atau kuliner khas yang identik untuk berbuka puasa menjadi salah satu yang dinanti-nanti umat islam di indonesia.

Ada beberapa hidangan makanan atau minuman yang bisa menemanimu di bulan puasa, karena memiliki kesan lebih istimewa saat disantap selepas adzan magrib.

Berikut lima kuliner identik dengan pulan puasa atau ramadhan.

1. Kurma

Kurma Ruthab dan Tamr yang Bikin Sehat - Tirto.ID
Ilustrasi buah kurma. Getty Images/iStockphoto

Buah kurma menjadi salah satu makanan yang identik dengan bulan puasa atau Ramadhan.Salah satu hal unik dari buah ini yaitu saat kehadirannya mulai marak dijajakan di pasar, ini pertanda sebentar lagi akan memasuki bulan puasa. 

Penyajian buah kurma juga sangat khas saat dijadikan hidangan pembuka puasa. Menurut sunnah Nabi, dianjurkan berbuka akan lebih baik dengan mengonsumsi tiga buah kurma dengan segelas air.

Buah kurma memiliki rasa manis, sehingga membuat lidah para penikmatnya terasa dimanjakan. Buah kecil berwarna hitam kecokelatan ini juga memiliki beragam khasiat untuk kesehatan, seperti menjaga kesehatan pencernaan, mencegah risiko diabetes, meningkatkan kesehatan tulang, dan sebagainya.

2. Kolak

2 Resep Kolak Pisang Istimewa, Menu Buka Buasa yang Manis!
Ilustrasi kolak. Doyan Resep

Tak lengkap rasanya bulan puasa atau Ramadhan tanpa kehadiran kolak di meja makan. Olahan makanan tradisional ini selalu dinanti banyak orang.

Kolak terbuat dari santan kelapa yang dicampur aneka bahan, seperti pisang, ubi, biji salak, kolang-kaling, dan masih banyak lainnya tergantung sesuai selera masing-masing.

Hidangan yang memiliki kuah kental dan rasa manis ini tentu menjadi hal yang wajib disajikan oleh sejumlah orang saat bulan puasa tiba, termasuk penjual di pinggir jalan selalu menjajakan makanan yang satu ini.

Selain rasanya yang menggoyang lidah, cara pembuatannya juga mudah sehingga bisa dibuat sendiri di rumah.

3. Gorengan dan Lontong

Lontong dan Gorengan
Lontong dan Gorengan. (Foto: Instagram/@putraputra03)

Lontong dan gorengan juga menjadi salah satu kuliner yang selalu dihidangkan selama bulan puasa atau Ramadhan. Bagi beberapa khalayak ramai, kedua makanan tersebut tentu tidak bisa dipisahkan karena selalu dijadikan sajian pembuka puasa.

Lontong merupakan olahan yang berbahan dasar utama beras dan dibungkus menggunakan daun pisang. Biasanya, makanan ini diisi dengan oncom, daging ayam, sayuran (wortel dan kentang) atau bihun, tergantung selera masing-masing,

Beragam gorengan seperti bakwan, tempe, tahu, risol, dan lainnya juga sangat cocok dihidangkan bersama lontong. Biasanya kedua hidangan yang identik bulan puasa ini selalu disajikan dengan lumuran bumbu atau sambal kacang.

Kekayaan cita rasanya, tentu mampu membuat lidah dan perut para penikmatnya bergoyang.

4. Es Buah atau Sop Buah

5 Menu Buka Puasa Favorit Sejuta Umat, yang Mana Favorit Lo? - USS ...
Es buah segar. (Foto: ussfeeds)

Ini juga menjadi hidangan yang sangat cocok dijadikan sajian pembuka puasa yaitu sop buah atau es buah.

Olahan minuman ini terbuat dari campuran aneka buah, cincau, es, susu, dan air gula dan selalu dinantikan saat azan magrib tiba. Selain menghilangkan dahaga, cita rasanya yang manis dan segar tentu menjadi incaran banyak orang ketika berbuka puasa.

5. Es Timun Suri
Es Timun Suri
Es Timun Suri. (Foto: Instagram/@syaffasegaff)

Nah, yang terakhir ini es timun suri yang tidak lupa disajikan sebagai hidangan pembuka puasa. Buah yang memiliki rasa segar dan tekstur yang lebut ini selalu menjadi buruan saat bulan puasa tiba.

Es timun suri biasa dicampur sirup, sehingga rasa yang dihasilkan manis dan segar. Selain bisa menghilangkan rasa haus di dahaga, es timun suri ini juga mampu mencegah panas dalam dan memperlancar percernaan karena memiliki banyak vitamin C dan serat di dalamnya.

Kamu juga tidak perli repot-repot membuatnya, ini merupakan minuman yang simple namun tetap menyegarkan dahaga loh. Buruan Coba!












Comments